BAB
6
STRUKTUR
PASAR
Struktur
pasar dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan pasar, misalnya
seperti jumlah perusahaan, skala produksi, dan jenis produksi.
Struktur
pasar yang kompetitif adalah struktur pasar di mana perusahaan-perusahaan yang
ada didalamnya sama sekali tidak memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga
dan jumlah barang dipasar. Semakin lemah kemampuan perusahaan-perusahaan
tersebut, semakin
kompetitif struktur pasarnya.
kompetitif struktur pasarnya.
Bereikut
macam – macam Struktur Pasar antara lain:
1.
Pasar Persaingan Sempurna
Persaingan
sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal, karena struktur pasar ini
akan dapat menjamin berlangsungnya aktivitas produksi dengan tingkat efisiensi
yang tinggi. Oleh karena itu dalam analisis ekonomi sering digunakan asumsi
bahwa perekonomian merupakan pasar persaingan sempurna.
jenis
pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali
dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang
banyak.
Contoh produknya adalah
seperti beras, gandum, batubara, kentang, dan lain-lain.
Model persaingan sempurna
didasari oleh asumsi-asumsi sebagai berikut:
1. Terdapat sangat banyak
penjual dan pembeli.
2. Produk yang dihasilkan
oleh para produsen adalah homogeny
3. Setiap produsen adalah
pengambil harga ( price taker).
4. Perusahaan-perusahaan
bebas masuk dan keluar pasar ( free entry and exit of firms)
5. Maksimisasi
profit/keuntungan.
6. Tidak ada regulasi dari
pemerintah.
7. Mobilitas faktor-faktor
produksi sempurna.
8. Pengetahuan sempurna
(perfect knowledge).
Kebaikan
pasar persaingan sempurna
- Pada pasar peraingan sempurna tidak Nampak kegiatan saling menyaingi antar penjual.
- Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar karena harga adalah suatu yang harus diterima masing-masing produsen
- Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapapun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga.
Pasar
Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak
sempurna adalah pasar yang jumlah penjual dan pembeli tidak sebanding atau
tidagk seimbang. Kemungkinan yang terjadi adalah pasar dikuasai oleh satu
penjual atau beberapa penjual, sedangkan pembelinya juga satu atau beberapa
pembeli yang menguasai pasar. Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna
adalah sebagai berikut:
- Monopoli
Monopoli adalah suatu
bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan saja.
Factor-faktor yang
menimbulkan Monopoli.
- Perusahaan monopoli mempunyai suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain.
- Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
- Monopoli wujud dan berkembang dan berkembang melalui undang-undang, yaitu pemerintah member hak monopoli kepada perusahaan.
2.
Oligopoli
Pasar oligopoli adalah
suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau
penjual dalam satu wilayah area. Contoh industri yang termasuk oligopoli adalah
industri semen di Indonesia, industri mobil di Amerika Serikat, dan sebagainya.
Ciri-ciri pasar Oligopoli
- Menghasilkan barang standar maupun barang berbeda corak. Industry dalam pasar oligopoly yang demikian sifaanya banyak dijumpai dalam industry yang menghasilkan bahan mentah seperti pda produsen bensin, industry baja dan alumunium dan industry bahan baku seperti industry semen dan bahan bangunan
Pasar
oligopoli murni (pure oligopoly). Ini merupakan praktek oligopoli dimana barang
yang diperdagangkan merupakan barang yang bersifat identik.contohnya : praktek
pasar oligopoli dalam produk sabun mandi.
Pasar oligopoli memiliki
KELEBIHAN sebagai berikut :
- Adanya efisiensi dalam menjalankan kegiatan produksi
- Persaingan di antara perusahaan akan memberikan keuntungan bagi konsumen dalam hal harga dan kualitas barang.
Pasar oligopoli juga
memiliki KELEMAHAN, yaitu :
- Dibutuhkan investasi dan modal yang besar untuk memasuki pasar, karena adanya skala ekonomis yang telah diciptakan perusahaan sehingga sulit bagi pesaing baru untuk masuk ke dalam pasar.
- Apabila terdapat perusahaan yang memiliki hak paten atas sebuah produk, maka tidak memungkinkan bagi perusahaan lain untuk memproduksi barang sejenis.
- Perusahaan yang telah memiliki pelanggan setia akan menyulitkan perusahaan lain untuk menyainginya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar