Jumat, 29 Maret 2013

TEORI ORGANISASI UMUM 2


TEORI ORGANISASI UMUM 2
Bab 1
Ruang Lingkup Ekonomi
Ekonomi berasal dari bahasa yunani, yaitu oikos yang artinya keluarga, dan nomos artinya peraturan, jadi dapat diartikan ekonomi sebagai aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga.
Dan sementara itu orang yang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja dapat disebut dengan ahli ekonomi atau ekonom.

Ada berikut pengertian ekonomi dari beberapa ahli
Menurut  Profesor  P.  A. Semuelson, ilmu ekonomià Suatu  studi  mengenai  individu-individu  dan  masyarakat  membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan  sumber-sumber daya yang terbatas, tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumen, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat”.

Masalah Pokok Ekonomi dan Pengaruh Mekanisme Harga
            Masalah yang terpengaruh terbagi menjadi dua, yaitu masalah ekonomi bagi produsen dan masalah ekonomi bagi konsumen.
·         Masalah Ekonomi Bagi Produsen :
inti dari masalah pokoknya yaitu masa kelangkaan atau  kekurangan  akibat dari  tidak adanya  kebutuhan  masyarakat  yang  relatif  tidak  terbatas dengan  faktor-faktor produksi yang  tersedia dalam masyarakat yang  relatif  terbatas.
·         Masalah Ekonomi Bagi Konsumen :
Dari beberapa Kebutuhan hidup manusia yang beraneka ragam, sedangkan barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan sangat terbatas. Dari hal itulah masalah ekonomi dapat diatasi dengan manusia, mereka sebagai perseorangan, keluarga, perusahaan, atau negara.
Dimana pokok persoalannya yang terjadi adalah bagaimanakah dengan sumber-sumber yang terbatas, manusia dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang banyak dan beraneka ragam.

Sistem Perekonomian
Sistem perekonomian dapat kita artikan sebagai suatu sistem yang dipergunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.
Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya.dan di beberapa system lainya, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Karena kebanyakan dari sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrem tersebut.

Berikut macam-macam sistem perekonomian di Indonesia:
   1.     Sistem ekonomi kapitalis (pasar)
  2. Sistem ekonomi sosialis (terpusat)
   3.  Sistem ekonomi campuran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar